Sabtu, 27 Februari 2010

Terapi dan Pendampingan Anak Hiperaktif

Hiperaktif merupakan gangguan perilaku yang menyebabkan seorang anak sulit memusatkan perhatian. Penyebab gangguan tersebut sampai sekarang belum diketahui. Namun, kemungkinan dapat pula terjadi dan berkaitan dengan paparan efek global.

 ANAK ADHD atau anak yang mengalami attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah anak yang mengalami gangguan perilaku yang ditandai dengan inatensi, hiperaktivitas, dan impulsivitas. Gangguan ini bersifat persisten (menetap) dan dapat muncul pada usia 5-6 tahun, manakala ia mulai memasuki jenjang pendidikan formal.

Bagaimanakah ciri anak ADHD? Bagaimana pula penanganan dan pendampingannya? Bagaimana pula kasus-kasus ini terjadi di Indonesia, khususnya Kota Bandung? Jawaban atas pertanyaan tersebut terjawab dalam seminar "Deteksi dan Penanganan anak ADHD" yang diselenggarakan RS Al Islam (RSAI) Bandung, belum lama ini.

Terus meningkat

 Jumlah anak penderita hiperaktif di Kota Bandung terus meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari angka kunjungan pasien yang masuk ke Poliklinik Tumbuh Kembang Anak RS Al Islam Bandung. Wadir Bidang Medik & Keperawatan RS Al Islam Bandung dr. Rita Herawati, Sp.Pk., tahun 2006 RSAI menerima pasien 31 orang. Akan tetapi, tahun berikutnya meningkat menjadi 40 orang.

Di beberapa negara lain, jumlahnya lebih tinggi dibandingkan dengan di Indonesia. Literatur mencatat, jumlah anak hiperaktif di beberapa negara 1:1 juta. Sedangkan di Amerika Serikat jumlah anak hiperaktif 1:50. Jumlah ini cukup fantastis karena bila dihitung dari 300 anak yang ada, 15 di antaranya menderita hiperaktif.

"Untuk Indonesia sendiri belum diketahui jumlah pastinya. Namun, bila melihat angka kunjungan ke Poliklinik Tumbuh Kembang RS Al Islam, anak hiperaktif cenderung meningkat," ujar Rita di hadapan peserta seminar.

 Hiperaktif merupakan gangguan perilaku yang menyebabkan seorang anak sulit memusatkan perhatian. Penyebab gangguan tersebut sampai sekarang belum diketahui. Namun, kemungkinan dapat pula terjadi dan berkaitan dengan paparan efek global yang berupa racun-racun, kadar polutan dan timbal yang terus meningkat, makanan berwarna, dan virus-virus yang tidak terdeteksi selama kehamilan ataupun pascakehamilan.

 Gangguan tersebut menurut Rita bersifat organik (menetap) karena organ tubuh yang diserangnya adalah otak. Bahkan, ia beberapa ahli menyebutkan, hiperaktif merupakan penyakit degenartif (bawaan) sejak lahir. "Bila salah satu keluarga ada yang hiperaktif, turunan keluarga berikutnya terdapat pula anak yang hiperaktif," ujarnya.

 Penderita hiperaktif, kata Rita, tidak dapat disembuhkan sepenuhnya. Akan tetapi, yang semestinya dilakukan bagaimana si penderita tersebut diadaptasikan sedemikian rupa sesuai dengan energi yang dimilikinya. Karena pada umumnya, anak-anak hiperaktif mempunyai energi yang berlebih sehingga ia tidak dapat fokus pada satu hal.

 Proses penyembuhan anak hiperaktif memerlukan keterlibatan berbagai disiplin ilmu dan para ahli, seperti dokter anak, psikolog, ahli terapi wicara, ahli saraf anak, dan rekam medik. Pada prosesnya, penyembuhan anak hiperaktif harus melibatkan anak, orang tua, guru, dokter, dan tim ahli yang menangani.

 Dapat terdeteksi

 Anak penderita ADHD dapat terdeteksi pada saat usia anak 5-6 tahun. Ketika anak sudah mulai memasuki wilayah sosial, sekolah misalnya, aktivitasnya yang berlebih tampak lebih menonjol dibandingkan dengan anak yang lain.

 Anak ADHD dapat teridentifikasi dari tiga ciri, inatensi, hipersensitif, dan impulsif. Inatensi anak ADHD tampak dari kebiasaannya yang tidak pernah bisa diam, sulit memfokuskan perhatian pada satu hal, sering seperti tidak mendengar, sulit mengatur tugas keseharian, sering lupa, menolak tugas (PR atau tugas sekolah, dll). Akibatnya, anak ADHD sering mendapat nilai jelek. 

 "Guru yang tidak mengerti anak ADHD, akan menyebut anak itu sebagai anak yang nakal dan bodoh," kata dr. Nelly, ahli yang menangani beberapa kasus anak ADHD di RS Al Islam. Hal ini karena di kelas, anak ADHD sering membuat onar dan nilai-nilai ulangannya buruk.

 Beberapa ciri spesifik lain yang dapat dikenali, anak ADHD inatensi. Sering tidak dapat memusatkan perhatian, ceroboh, dan sulit mempertahankan perhatian dalam tugas atau aktivitas bermain. Anak ini juga tampak seperti tidak mendengar saat diajak berbicara langsung, tidak mengikuti perintah, dan sering menolak kalau diberi tugas. Perhatiannya lebih sering beralih oleh stimulus luar sehingga ia sering lupa.

 Sedangkan anak hipersensivitas tampak sering menggerak-gerakkan tangan atau kaki, tidak bisa duduk diam, sering meninggalkan tempat duduk saat di kelas, sering berlari-lari, dan badannya seperti digerakkan oleh mesin. Anak ini juga sering berbicara berlebihan dibandingkan dengan anak seusianya.

Hampir sama dengan itu, anak impulsif dapat dikenali dengan seringnya menjawab sebelum pertanyaan itu selesai diberikan. Ia juga akan sangat sulit dan gelisah kalau harus menunggu giliran. Makanya, si impulsif adalah anak yang sering interupsi, mengganggu, dan nimbrung begitu saja pada saat orang lain sedang berbicara.

Tidak semua anak ADHD mengalami ketiga gangguan tersebut. Adakalanya, anak ADHD hanya mengalami gangguan satu atau dua dari gejala tersebut. Hal itu bergantung pada tipenya. Ada tiga tipe anak ADHD, yakni ADHD campuran (terpenuhi kriteria inatensi dan hiperaktivitas), ADHD predominan adalah ADHD tipe intensi dan ADHD predominan tipe hiperaktif impulsif.

 Diagnosis banding ADHD dapat diamati dengan lebih cermat. Sebab, kemungkinan anak tersebut tidak termasuk ADHD. Akan tetapi, anak yang normal tapi aktif, mengalami stres kronis, gangguan stres pascatrauma, gangguan cemas, depresi, dalam pengaruh stimulasi, mengalami gangguan belajar, atau mengalami gangguan mood dini. "Untuk kepastiannya, perlu penanganan dokter ahli dan psikolog," ungkap dr. Nelly.

 Terapi sembuh 

 Penyembuhan anak ADHD dapat dilakukan dengan terapi perilaku dan pengobatan medik. Beberapa usaha yang dapat dilakukan orang tua di rumah antara lain membuat pengaturan jadwal kegiatan dengan menerapkan sistem yang rutin, reguler, dan repetition (pengulangan). 

 Anak ADHD adalah anak yang sulit dalam mengatur sesuatu. Mereka umumnya tumbuh kembang menjadi anak yang kurang dapat mengatur diri. Lingkunganlah yang dapat membentuk struktur dalam dirinya. Rutinitas sehari-hari yang sangat ketat akan sangat membantu anak ADHD.

 Anak ADHD juga memerlukan adanya pengaturan dalam membantu pemusatan perhatian sehingga anak terhindar dari hal-hal yang bisa mengganggunya. Upayakan tempat belajar serapi mungkin. Tidak ada benda-benda yang dapat memecahkan perhatiannya seperti TV, gambar-gambar, radio, sebaiknya dihindarkan.

 Anak ADHD memerlukan pengaturan waktu bekerja. Meski demikian, usahakan waktu belajarnya singkat. Beri istirahat sejenak, lalu lanjutkan lagi. Cara kerja anak ADHD berbeda dengan anak biasa. Pada umumnya mereka lebih mampu berpikir dengan cara melalui gambar. Malah bila IQ anak tersebut diukur, kemampuannya kemungkinan di atas rata-rata, tetapi nilai yang diperolehnya justru buruk.

 Anak ADHD dapat masuk ke sekolah khusus (ekslusif) atau ke sekolah umum (inklusif) dengan guru pendamping khusus. 

 Selain pola terapi perilaku seperti itu, perkembangan baru dunia medis telah berhasil menyediakan terapi obat untuk penderita ADHD. Terapi ini sebaiknya merupakan bagian dari penanganan multi-model antara edukasi, perilaku, konseling, dan medik. 

 Pengobatan terapi medik seperti ini, kata Nelly, dapat menimbulkan efek samping, antara lain menekan nafsu makan dan gangguan tidur. Namun demikian, cukup efektif untuk 70% kasus yang terjadi. Obat dapat dipakai selama 6-7 bulan. Jika respons terapi membaik, sebaiknya penggunaan tidak diperpanjang. (Eriyanti/"PR") ***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=16731

 

1 komentar:

  1. Pusat Terapi dan Tumbuh Kembang Anak Rumah Sahabat Yogyakarta melayani terapi autism, terlambat bicara, ADHD, Down syndrom, musik, renang dengan terapi terpadu, speech terapi, sensori integrasi, terapi perilaku, fisioterapi dll. untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi Rumah sahabat di Perum Gambiran C 2 UH V, Jl Perintis Kemerdekaan Yogyakarta phone 0274 8267882

    BalasHapus