Rabu, 10 Maret 2010

Autis Juga Ada yang Cerdas

MUNCUL anggapan bahwa anak-anak penderita autis cenderung terbelakang mentalnya. Benarkah? Psikolog anak dari Putik Psychology Center Balikpapan Elia Wardani membatah  anggapan tersebut.

 

Ada beberapa jenis autis. Kita tidak bisa menyamaratakan semuanya. Pada beberapa contoh, penderita autis malah memiliki intelijensi yang lebih unggul dibandingkan anak-anak sebayanya,” ujar Elia,begitu ia akrab disapa.

 

Apa saja jenis autis tersebut? Wanita beranak dua ini mengatakan, ada yang disebut autis asperger syndrome. Nah, anak yang menderita autis jenis ini memang memiliki kecerdasan di atas rata-rata.

 

Menurutnya, jika melakukan tes intelligent quotient, anak ini justru mendapat hasil yang sangat tinggi. “Bahkan mencapai IQ-nya 120 ke atas,” ungkapnya.

 

Sementara itu, ada juga gangguan autistik lain yang biasa disebut autis savant. Anak yang menderita autis ini didiagnosis memiliki kemampuan yang sangat menonjol dalam satu bidang dibandingkan dengan anak autis lainnya.

“Misalnya, anak tersebut pandai bermain piano atau bermain angka. Autis jenis ini, dapat membuat anak berprestasi dalam bidang tertentu,” beber Elia.  

 

Autis, papar Elia, mempunyai spektrum yang sangat luas dengan gejala yang berbeda-beda. “Jadi, tidak semua anak autis itu terbelakang. Tergantung dari jenis gangguan autistik yang dideritanya,” tandasnya. (dha)

 

Sumber : http://www.kaltimpost.co.id/?mib=berita.detail&id=16351

Tidak ada komentar:

Posting Komentar