Selasa, 23 Maret 2010

Peduli Sejarah, PT HM Sampoerna Luncurkan Bus Surabaya Heritage Track

SUROBOYO - Banyak cara yang dilakukan Pemerintah Kota Surabaya untuk mengenalkan bangunan-bangunan cagar budaya dan sejarah Kota, salah satunya dengan meluncurkan program dan bus Surabaya Heritage Track (SHT) atau Menelusuri Jejak Warisan Surabaya, Selasa (8/6) di House Of Samporna Surabaya.

Program tersebut merupakan bentuk kerjasama Pemkot Surabaya dengan House of Samporna untuk terus mendukung Surabaya sebagai tujuan wisata.

Ratusan cagar budaya yang terletak di Surabaya Utara dan 164 diantaranya ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Surabaya.

Karena nilai historis arsitektur yang tinggi, bangunan-bangunan cagar budaya yang terawat baik, serta latar belakang sejarah kota yang menarik. Maka, warisan ini berpotensi besar menjadi salah satu tujuan wisata baru Kota Surabaya bagi wisatawan dari Indonesia maupun mancanegara.

Menurut Wali Kota Surabaya, Bambang DH perlu dukungan dari berbagai pihak untuk promosi cagar budaya yang ada di Surabaya. Hal tersebut dapat memberikan manfaat tidak hanya untuk Pemkot Surabaya, tetapi tetap dikenal oleh generasi muda kita. “Perlu adanya pemeliharaan cagar budaya di tempat-tempat lain,” jelas Cak Bambang DH.

SHT adalah tur keliling Kota dengan menggunakan bus (city sightseeing bus) di Surabaya Utara. Dengan menggunakan bus yang memiliki model seperti kereta “trem” yang pernah melintasi Kota Surabaya tempo dulu.

Tracker (penumpang bus) dapat menikmati dan mengenal bangunan-bangunan cagar budaya, sejarah Kota Surabaya yang terkenal sebagai Kota Pahlawan, cerita Babad Surabaya, Kekayaan ragam budayanya serta mendapatkan informasi tempat-tempat wisata lain di Surabaya.

“Kami berharap program SHT ini akan menumbuhkan keperdulian dan kecintaan masyarakat, terutama pemilik bangunan cagar budaya untuk melestarikan serta merawat bangunan-bangunan yang memiliki nilai sejarah ini,” tutur Yos Ginting, Direktur Corporate Affairs PT HM Sampoerna Tbk.

Tur SHT dapat dinikmati mulai Selasa (9/6). Dalam sehari bus SHT akan berkeliling Surabaya 3 kali, dari pukul 09.00-17.00 wib. Pada hari Selasa-Kamis, bus SHT akan berkeliling dengan rute pendek selama 1 jam dari HoS-Tugu Pahlawan-HoS.

Sedangkan pada hari Jum’at-Minggu, bis SHt akan berkeliling dengan rute panjang selama 1,5 jam dari HoS-Taman Surya-HoS. Tur ini bisa dinikmati secara cuma-cuma bagi pengunjung HoS. Pemesanan tiket dapat dilakukan di Tracker Information Center SHT (TIC) di nomor 031-3539000. (ade’)

 

Sumber : http://www.koransuroboyo.com

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar